VISI DAN MISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Plosorejo dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di desa Plosorejo seperti : Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Masyarakat Desa dan warga masyarakat pada umumnya. Berdasarkan pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan, maka  Visi  Desa Plosorejo sebagaimana tercantum dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa),  yakni sebagai berikut :

Terbangunnnya tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih guna mewujudkan Desa Plosorejo  yang adil, makmur, dan sejahtera.

Selain penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang termuat dalam suatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan kedalam misi agar dapat dioperasionalkan / dilaksanakan. Sebagaimana penyusunan visi, penyusunan misipun menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi serta kebutuhan Desa Plosorejo, sebagaimana proses yang telah dilakukan maka misi Desa Plosorejo adalah :

  1. Melakukan reformasi system kinerja aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk-bentuk penyelewengan lainnya.
  3. Menyelenggarakan urusan pemerintahan desa secara terbuka, dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  4. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupa penyuluhan khusus kepada UKM, Wiraswasta dan Petani.
  5. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga Desa Plosorejo menjadi desa yang maju dan mandiri.